Horeee… Akhirnya Commuter Line Sampai Stasiun Cikarang

Pada tanggal 28 Juli 2017 kemarin telah dilaksanakan uji coba KRL Commuter Line (CL) sampai dengan stasiun Cikarang. Diharapkan dengan uji coba ini, jika memang tidak ada kendala yang berarti, maka dalam waktu dekat, KRL Commuter Line (CL) akan beroperasi sampai stasiun Cikarang.

Stasiun Cikarang
Uji Coba Commuter Line di Stasiun Cikarang (sumber: detik.com)

Kehadiran CL ini memang sudah dinanti-nantikan oleh orang-orang yang berdomisili di Cikarang namun tempat kerjanya di Jakarta (seperti saya :mrgreen: ). Dengan adanya Kereta CL ini akan menjadi salah satu solusi sarana transportasi yang efektif terutama dari segi waktu. Diperkirakan waktu tempuh antara Jakarta Kota sampai dengan Cikarang sekitar 1 jam 30 menit. Sedangkan jika menggunakan mobil, waktu tempuhnya bisa mencapai 2 – 3 jam.

Kereta CL ini nantinya akan melayani rute perjalanan dari Jakarta Kota sampai Cikarang via Manggarai. Jika selama ini CL hanya sampai Stasiun Bekasi, maka ke depannya rute akan diperpanjang sampai dengan Stasiun Cikarang.

Stasiun yang akan dilewati dari Jakarta Kota menuju Cikarang adalah Stasiun Jayakarta, Mangga Besar, Sawah Besar, Juanda, Gambir (tidak berhenti), Gondangdia, Cikini, dan Manggarai. Manggarai merupakan stasiun transit bagi penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan CL rute lainnya.

Dari Manggarai, CL berlanjut melewati Stasiun Jatinegara, Klender, Buaran, Klender Baru, Cakung, Kranji, dan Bekasi. Dari Bekasi, ada 3 stasiun yang akan dilewati sebelum mencapai Cikarang. Stasiun tersebut adalah Bekasi Timur, Tambun, dan Cibitung.

Sedangkan dari Cikarang, stasiun yang sama akan dilewati CL. Bila ingin transit, penumpang bisa turun di Stasiun Jatinegara dan Stasiun Manggarai. Jatinegara merupakan tempat transit bagi penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan ke Stasiun Senen. Sedangkan Manggarai adalah tempat transit bagi penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan ke Bogor dan Tanah Abang.

Stasiun Cikarang
Stasiun Cikarang (sumber: detik.com)

Di antara stasiun-stasiun yang terletak setelah Bekasi, 3 diantaranya merupakan bangunan baru dan dibuat memang khusus dalam rangka melayani penumpang Commuter Line. Ketiga stasiun tersebut antara lain; Stasiun Bekasi Timur, Stasiun Cibitung, dan Stasiun Cikarang. Sampai artikel ini ditulis, progress pembangunan dari ketiga stasiun tersebut sudah mencapai 90 %. Sedangkan untuk jalur rel yang menggunakan sistem DDT (Double Double Track) masih ada beberapa titik yang belum terhubung, seperti di sekitar stasiun Cakung, Kranji, dan Klender Baru.

Stasiun Cikarang
Progress Pembangunan Stasiun Cikarang (sumber: detik.com)

Dengan adanya sistem DDT ini, maka nantinya perjalanan kereta api akan dipisahkan antara kereta jarak jauh dan kereta lokal atau Commuter Line. Sehingga ke depannya CL tidak akan banyak ditahan dan disusul kereta jarak jauh lagi, karena masing-masing sudah memiliki jalurnya sendiri.

Pada tahap awal, akan ada 10 perjalanan per hari dalam rute tersebut. Nantinya rute Jakarta Kota-Cikarang akan menggunakan formasi 8 gerbong dalam 1 rangkaian. Tidak tertutup kemungkinan formasi tersebut akan ditambah menjadi 12 gerbong bila jumlah penumpang banyak untuk rute itu.

Dengan formasi 8 gerbong, jumlah penumpang yang bisa diangkut dalam 1 kali perjalanan bisa mencapai 1.840-2.000 penumpang. Sebab, 1 gerbong CL bisa menampung 230-250 orang. Jumlah tersebut lebih banyak dibanding jumlah penumpang kereta lokal. Kereta Jatiluhur dan kereta Walahar Ekspres, yang biasanya digunakan warga dari dan menuju Cikarang, dalam 1 rangkaian memiliki 9 gerbong. Per gerbong bisa diisi 100-130 orang.

ka-ekonomi-lokal
ka-ekonomi-lokal

Saat CL tujuan Jakarta Kota-Cikarang sudah mulai beroperasi, relasi kereta lokal akan dipotong di Stasiun Cikarang. Jadi, jika sebelumnya kereta lokal melayani Purwakarta-Tanjung Priok, maka nantinya hanya Purwakarta-Cikarang. Begitu pun sebaliknya. Sedangkan warga yang akan melanjutkan perjalanan ke Jakarta bisa menggunakan CL.

Itulah sekelumit cerita tentang persiapan Commuter Line yang akan beroperasi sampai stasiun Cikarang. Semoga dengan adanya rute baru ini dapat mengurai padatnya lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Salam hangat selalu.

Author: Tatang Tox

Hanya manusia biasa / kawulo alit yang senang menulis dan fotografi.

Leave a Reply