Aneka Kuliner Unik di Kota Medan

Kota Medan yang berada di Provinsi Sumatera Utara dikenal sangat indah. Di sini ada beberapa objek wisata yang dapat menjadi tujuan wisata, salah satunya adalah Danau Toba. Selain Danau Toba, terdapat beragam tempat wisata lain yang dapat Anda kunjungi. Oleh karena itu, jika Anda berwisata ke kota ini, sebaiknya menginap karena tidak mungkin untuk menikmati seluruh obyek wisata yang ada hanya dalam satu hari.

Danau Toba dan Pulau Samosir
Danau Toba dan Pulau Samosir

Anda tidak perlu khawatir untuk mencari penginapan. Di kota ini terdapat beberapa hotel yang dapat menjadi pilihan Anda untuk menginap dan tidak jauh dari lokasi wisata yang akan dikunjungi. Untuk pemesanan hotel, Anda bisa melakukan pemesanan melalui situs travel onliner seperti traveloka. Selain akan mempermudah Anda, proses pemesanannya pun cukup cepat, pokoknya gak pake ribet.

Setelah berwisata, jangan lupa untuk mencicipi masakan khas Medan. Medan memiliki beragam makanan khas mulai dari kue, olahan buah, olahan ikan, dan lain-lain.  Jika Anda belum mengetahui apa saja kuliner khas Medan, berikut beberapa kuliner unik khas Medan yang banyak digemari dan dapat Anda cicipi atau dijadikan oleh-oleh.

  1. Soto Medan

Soto Medan memiliki keunikan cita rasa tersendiri. Soto favorit di kota ini dapat Anda temui di Jalan Sei Deli No.2D dekat Simpang Majestik di RM. Sinar Pagi. Selain itu terdapat Soto Kesawan yang berada di Jalan Ahmad Yani No.116  dekat dengan Kesawan Square dan Merdeka Walk. Kedua tempat makan tersebut memiliki beragam pilihan menu, baik daging sapi, ayam dan lainnya, sesuai dengan selera Anda.

  1. Bakso Daging Lembu

Bakso juga salah satu makanan favorit di Medan, yang unik dan menjadi resep andalan dalam pembuatannya adalah menggunakan daging lembu yang asli dan halal. Daging lembu dibalut dengan tepung yang khas, sehingga memiliki cita rasa kenikmatan tersendiri. Makanan ini banyak diburu oleh wisatawan dan masyarakat sekitar.

Bakso Daging Lembu
Bakso Daging Lembu (Sumber : 7topranking.com)
  1. Durian dan Pancake Durian

Durian Medan memiliki ke-khas-an tersendiri. Bentuknya yang besar dengan biji yang kecil, membuat banyaknya daging durian yang dapat Anda makan. Rasa manis durian membuat lidah akan terus ketagihan. :mrgreen: Selain durian aslinya, terdapat pula makanan olahan durian yang unik yaitu Pancake Durian. Penjual durian yang terkenal di kota ini adalah Durian Uncok. Olahan pancake dibuat tanpa bahan pengawet, sehingga memiliki cita rasa yang sangat lezat.

Karena pembuatannya tidak menggunakan pengawet, pancake ini tidak tahan lama. Jika Anda ingin membawanya sebagai oleh-oleh, sebaiknya dibeli sebelum Anda pulang meninggalkan Medan. Anda bisa membelinya di Jalan Sekip No.67 atau di Jalan Perjuangan No.130 A, Medan. Saat ini sudah tersedia pancake berbagai rasa seperti mocca, pandan dan coklat. Selain itu terdapat pula olahan durian lain yang tidak kalah nikmat, yaitu Sop Durian Medan.

Pancake Durian
Pancake Durian (Sumber : sobatinfo.com)
  1. Bolu Meranti

Merupakan bolu gulung yang awalnya berada di Jalan Meranti. Saat ini populer menjadi makanan khas Medan. Bolu ini memiliki cita rasa yang unik dengan berbagai pilihan rasa, diantaranya nanas, keju, strawberry, moca, kacang, ayam dan abon. Bolu ini dapat menjadi oleh-oleh, Anda dapat membelinya di Jalan Kruing Medan atau Jalan Sisingamangaraja dengan harga berkisar Rp50.000 – Rp70.000,00

  1. Bika Ambon

Ternyata Bika Ambon merupakan makanan khas Medan, bukan dari Ambon. Kue berwarna kuning dengan bolongan kecil yang berserat ini memiliki berbagai macam rasa, diantaranya original, keju dan mocca. Di Medan banyak sekali toko yang menjual Bika Ambon, yang paling terkenal adalah Bika Ambon Zulaikha yang berada di Jalan Majapahit no.62. Anda dapat menjadikan kue ini sebagai oleh-oleh.

  1. Kue Lupis Medan

Kue ini biasanya berbentuk segitiga, terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang dan dimasak secara dikukus. Penyajiannya ditambah gula merah cair dan parutan kelapa.

  1. Sirup Markisa

Kota ini kaya akan buah Markisa sehingga banyak sekali olahan makanan berbahan utama Markisa, yang sangat terkenal adalah sirup Markisa. Selain segar, sirup ini dapat menyehatkan. Sirup Markisa yang terkenal adalah Markisa Sarang Tawon dan Markisa Jus Pohon Pinang.

  1. Ikan Teri Medan

Ciri dari teri medan adalah berwarna putih dan kecil. Teri ini sangat cocok menjadi santapan makanan dengan berbagai olahan. Teri ini dapat menjadi oleh-oleh jika sudah dikeringkan, sehingga tahan lama. Saya sendiri sangat suka jika teri ini dicampur ke dalam nasi goreng. Hmm… Yummy… 😉

Ikan Teri Medan
Ikan Teri Medan (Sumber : sobatinfo.com)
  1. Kopi Sidikalang

Sumatera Utara merupakan salah satu daerah yang memproduksi kopi. Kopi yang berkembang adalah jenis kopi arabika dan dikenal dengan nama kopi Sidikalang, kopi ini memiliki kandungan kafein yang kuat sehingga disebut sebagai rajanya kopi Sumatera. Bahkan mungkin kopi Lampung pun kalah kuat dengan kopi ini. :mrgreen:

  1. Kacang Sihobuk

Kacang yang berasal dari Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara ini dinamakan Kacang Sihobuk. Kacang ini dikatakan memiliki kandungan vit E dan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menyehatkan kulit dan tubuh.

  1. Lemang

Makanan yang terbuat dari beras pulut yang dibakar dalam sepotong bambo. Lemang ini dapat Anda temui di Jalan Flamboyan, Jalan Bromo dan Jalan Gatot Subroto, Medan.

Itulah beberapa contoh makanan unik khas Medan yang dapat menjadi tujuan wisata kuliner atau oleh-oleh bagi Anda selama berlibur di Kota Medan. Jadi tunggu apa lagi? Silahkan jelajahi Medan dengan segala keindahan alam dan kelezatan kulinernya.

Salam hangat selalu.

Author: Tatang Tox

Hanya manusia biasa / kawulo alit yang senang menulis dan fotografi.

2 thoughts on “Aneka Kuliner Unik di Kota Medan”

Leave a Reply