Dengan Slido, Diskusi Interaktif Jadi Mudah

Tahukah Anda, kini ada cara yang lebih praktis dalam me-manage diskusi interaktif di dalam sebuah forum atau seminar? Tidak hanya itu, Anda juga dapat melakukan polling selama kegiatan berlangsung dan hasil polling tersebut dapat dipantau secara live. Panasaran?

Bagaimana Anda me-manage sesi interaktif di dalam sebuah seminar atau forum diskusi selama ini? Apakah masih menggunakan mikropon dibantu dengan beberapa usher? Berapa banyak mikropon yang digunakan, dan apakah sebanding dengan jumlah audiens yang hadir? ­čś│

Dengan era yang sudah serba online ini atau sekarang lebih populer disebut dengan Daring (dalam jaringan), ada sebuah aplikasi yang menyediakan layanan menarik. Aplikasi tersebut adalah SLI.DO.

Apa itu Sli.do?

Sli.do adalah sebuah website yang menyediakan layanan untuk diskusi interaktif via online. Dalam sebuah seminar atau forum, peserta dapat mengajukan pertanyaan tidak hanya secara langsung dengan menggunakan mikropon, melainkan juga dapat mengajukan pertanyaan melalui gadget mereka masing-masing.

Terkadang seseorang gugup atau kurang percaya diri ketika harus berbicara di depan publik, padahal mereka memiliki pertanyaan atau gagasan yang cemerlang. Sayang jika pertanyaan atau gagasan tersebut hilang begitu saja dan tidak terlontar dengan baik dalam seminar / forum dimaksud. Nah, dengan aplikasi ini, mereka dapat tetap mengajukan pertanyaan maupun menyatakan pendapat namun berupa text.

Selain untuk layanan interaktif, Sli.do juga menyediakan fitur moderasi dan polling. Untuk free version, fitur moderasi dan polling sangat terbatas, namun masih reliable untuk peserta / audiens sekitar 100-200 orang. Untuk mendapatkan fitur secara komprehensif Sli.do memiliki beberapa paket yang sesuai dengan kebutuhan.

Saya pribadi ketika ditunjuk menjadi panitia sebuah event seminar / forum diskusi, masih menggunakan yang free version. Karena selain pesertanya tidak terlalu banyak (biasanya dibawah 200 orang), untuk fitur yang dimiliki free version ini menurut saya masih cukup mumpuni. Selain moderasi, saya juga masih tetap dapat melakukan polling meskipun untuk pertanyaannya harus digilir secara manual. :mrgreen:

Hal menarik lainnya adalah bahwa Sli.do sangat fleksibel dan tidak terikat platform serta mudah dalam pengoperasiannya. Pengguna cukup memasukkan kode hashtag acara yang sedang diikuti, kemudian mereka akan langsung terhubung dalam event tersebut. Aplikasi ini dapat diakses melalui web browser PC/Laptop maupun mobile, Android, dan IOS.

Fitur-fitur yang dimiliki Sli.do

Berdasarkan informasi dari website Sli.do, fitur-fitur yang ditawarkan beserta harganya adalah sebagai berikut:

Paket dan Fitur Slido
Paket dan Fitur Slido
Paket dan Fitur Slido untuk tahunan
Paket dan Fitur Slido untuk tahunan
Paket dan Fitur Slido untuk Pendidikan
Paket dan Fitur Slido untuk Pendidikan

Dari gambar┬ádi atas, kita dapat memperkirakan di mana posisi kita jika ditunjuk sebagai event organizer maupun sebagai panitia / unit teknis yang bertanggung jawab terhadap kegiatan interaktif. Jika penyelenggara menginginkan kode yang customize, maka mau tidak mau Anda harus menggunakan versi yang berbayar. ­čść

Cara mendaftar Sli.do

Jika kita ingin menjadi administrator atau moderator, maka kita harus mendaftar terlebih dahulu ke website Sli.do. Cara pendaftarannya sangat mudah, cukup dengan menyediakan alamat email dan password. Selain menggunakan email, kita juga dapat menggunakan akun Google. Bagi Anda yang sudah memiliki akun Facebook, Twitter, maupun media sosial lainnya saya yakin tidak akan menemui kendala yang berarti ketika akan melakukan registrasi.

Setelah registrasi, maka kita sudah dapat memulai untuk membuat sebuah event. Pada bagian Create New Event, cukup ketikkan judul event Anda, dan voila!!! Event Anda pun sudah jadi berikut dengan kode hashtag-nya. Untuk melakukan editing detil acara, cukup klik pada bagian judul event, kemudian akan muncul detil yang bisa diedit.

Create New Event di Sli.do
Create New Event di Sli.do
Judul Event berikut kode Hashtag di Sli.do
Judul Event berikut kode Hashtag di Sli.do
Melihat dan Merubah Detil Event di Sli.do
Melihat dan Merubah Detil Event di Sli.do

Audiens Anda dapat mengakses aplikasi ini dan bergabung dengan event yang telah dibuat dengan cara akses alamat http://sli.do baik melalui web browser atau mengunduh aplikasi ini dari Playstore dan Appstore. Setelah itu, masukkan kode hashtag dari event Anda tersebut, maka kemudian secara otomatis audiens akan tergabung dan siap untuk melakukan tanya jawab interaktif via sli.do.

Tampilan Aplikasi Slido pada Mobile
Tampilan Aplikasi Slido pada Mobile

Anda juga dapat menampilkan backdrop dari event ini dengan menggunakan sli.do serta menampilkan pada layar projector pertanyaan-pertanyaan yang telah masuk.

Tampilan Presentasi via Sli.do
Tampilan Presentasi via Sli.do

Bagaimana, mudah bukan? Kini diskusi interaktif tidak hanya menggunakan lisan dan mikrofon, melainkan dapat dilakukan melalui aplikasi online. Oh, ya sebagai catatan, sebaiknya moderator membawa semacam tablet ketika membawakan acara, supaya dia dapat memantau secara langsung pertanyaan-pertanyaan yang masuk, serta meng-archive pertanyaan yang sudah dijawab agar tidak ketelingsut.

Aspek positif yang lain adalah, daftar pertanyaan melalui sli.do ini secara tidak langsung akan terdokumentasi dengan baik. Bandingkan jika penanya menggunakan lisan, tentunya akan sangat tergantung dari kecepatan menulis dan ingatan sang moderator.

Di samping itu, apabila pertanyaan yang disampaikan mengandung hal yang sensitif, identitas penanya akan terlindungi, karena dapat menggunakan mode anonymous.

Mudah-mudahan posting kali ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Salam hangat.

Author: Tatang Tox

Hanya manusia biasa / kawulo alit yang senang menulis dan fotografi.

2 thoughts on “Dengan Slido, Diskusi Interaktif Jadi Mudah”

  1. Lama ga mampir ke lapak Pak Tatang ­čśÇ
    Benar juga Pak. Saya penasaran pengen coba. Bisa juga ini jadi solusi di tempat kerja. Hanya saja hal-hal seperti butuh koneksi internet yang stabil juga kayanya. Kalau ditempat saya sepertinya susah juga diterapin kayanya.. Hehehe..

    1. Ya, sebetulnya menggunakan koneksi 3G juga sudah cukup, Pak. Toh biasanya masyarakat kita sudah biasa menggunakan paket data kan, untuk kebutuhan internet-nya? :mrgreen:

Leave a Reply