Komunitasku Mangkrak, Tak Lagi Semarak

Komunitasku
Komunitasku

Ketika dunia per-blogging-an masih bersinar, banyak sekali bermunculan komunitas-komunitas blogger. Ada yang berdasarkan letak geografis. Sebut saja De Blogger (komunitas blogger dari Depok), Blogger Bekasi, Blogger Cikarang, dan masih banyak lagi. Ada juga komunitas yang berdasarkan genre blognya, seperti misalnya Travelblog, Emak-emak Blogger, Photoblog, Blogger SEO, dan lain sebagainya.

Saya sendiri ketika masih dengan alamat blog yang lama, sempat bergabung ke dalam 2 komunitas yaitu Blogger Bekasi dan Blogger Cikarang. Mengapa saya bergabung ke dalam komunitas itu? Ya, tidak lain tidak bukan adalah karena saya tinggal di sana. :mrgreen:

Saya sendiri mengakui sempat vakum alias hiatus dalam jangka waktu yang lumayan lama. Boro-boro menengok ke halaman komunitas. 😳 Setelah mulai beraktivitas kembali di cagakurip.com, sebetulnya saya berniat untuk mendafarkan diri lagi dengan alamat blog saya yang baru ini.

Waktu saya datang ke bloggerbekasi.com, apa yang saya dapati? Seperti sebuah rumah yang sudah lama ditinggalkan oleh pemiliknya sehingga kelihatan tidak terurus. Tidak ada tanda-tanda aktivitas di sana. Posting terakhir adalah bulan Maret 2015. Saya mencoba untuk meninggalkan komentar, katanya menunggu moderasi, tapi sampai sekarang muncul pun tidak. πŸ˜₯

Padahal dulu saya sempat melihat Blogger Bekasi sangat aktif. Saya sempat menyumbang 1-2 artikel di sana. Saking banyaknya orang yang menulis, artikel saya pun segera tenggelam dalam waktu yang cukup singkat. Pada waktu itu tampilannya pun sangat menarik, dengan banyak menu dan colorful. Bahkan saya sempat memasang badge-nya baik di blog saya yang lama maupun di blog ini. Tapi ya itu tadi, karena tidak terurus, link badge tersebut telah hilang entah ke mana.

Ada satu hal yang menarik, dalam tulisan seorang author di artikel yang berjudul “Enaknya Hidup di Bekasi“, beliau menuliskan hal ini:

Oh satu hal lagi, rasa-rasanya Bekasi di Bully itu juga karena orang Bekasinya sendiri yang kurang mempromosikan keindahan Bekasi. Bahkan penggiat blog dari Blogger Bekasinya sendiri saja vakum, ya pantas kalau akhirnya di Bully. Sejak Pilkada dan Pilpres kemarin, masih banyak yang belum move on untuk kembali berteman. Tapi ini cuma dugaan saya saja.

Saya lantas berpikir, apakah hal itu yang menyebabkan Komunitas ini sepi seperti kuburan? Segala macam perbedaan dan silang pendapat yang terjadi semasa Pemilu baik itu Legislatif, Pemilihan Kepala Daerah, bahkan sampai Pemilihan Presiden, benar-benar membuat tali silaturahim yang selama ini terjalin menjadi putus begitu saja? Ikatan emosional yang dulu pernah terangkai dalam satu komunitas itu mendadak rusak hanya karena perbedaan pilihan? Oh, please. Seharusnya kita bisa lebih baik dari itu.

Tapi ya, sudahlah. Saya tidak mau repot memikirkan hal tersebut. Yang jelas, saya merasa kehilangan sebuah komunitas yang dulunya ramai, sebagai wadah kita saling bersilaturahim, saling berbagi pemikiran, bertukar pendapat, sharing informasi, dan yang pasti sebagai identitas. Buat yang merasa menjadi Admin maupun Member Blogger Bekasi, mari kita hidupkan lagi Komunitas ini. Mari kita hiasi kembali dunia maya dengan info dan berita menarik tentang Bekasi dan sekitarnya.

Lain Blogger Bekasi, lain pula Blogger Cikarang. Lama tidak berkunjung ke sana, sekalinya berkunjung eh, ternyata yang muncul adalah “Service Temporarily Unavailable” πŸ˜₯ Yang iniΒ  malah lebih parah. Kalau yang sebelumnya sedang koma alias sekarat, maka yang ini sudah bisa dinamakan RIP, karena diakses pun sudah tidak bisa. Yang tersisa hanyalah alamat lama dari Blogger Cikarang yang dulu dibuat di Blogger.com. Itu pun terakhir di-update adalah tahun 2011.

Hal serupa juga dialami oleh DeBlogger. Komunitas blogger dari Depok ini juga sudah mati suri. Ketika saya cari alamatnya yang muncul adalah :”This Account Has Been Suspended”.

Mengamati fenomena tersebut, saya jadi bertanya-tanya. Apakah zaman keemasan dunia blogging memang sudah habis? Sudah tidak ada lagikah orang yang peduli dengan komunitas blog? Masih adakah orang-orang yang senang nge-blog? Apakah blog kini menjadi sesuatu yang asing?

Entahlah, saya juga bingung menjawabnya. Mungkin di antara sahabat blogger ada yang bisa memberikan pencerahan? Silahkan, ditunggu komennya di kolom komentar.

Yang jelas, Blogging is one of My Hobby. Jadi sampai kapanpun nge-blog tetaplah menyenangkan bagi saya. Mendapat passive income dari nge-blog? Itu soal lain. :mrgreen:

Jadi, apakah Anda masih suka ngeblog? Atau justru sudah meninggalkan dunia blogging? πŸ˜‰

Β 

Author: Tatang Tox

Hanya manusia biasa / kawulo alit yang senang menulis dan fotografi.

1 thought on “Komunitasku Mangkrak, Tak Lagi Semarak”

  1. Saya malah rajin ngeblog dr 2010. Baru 1 thn terakhir ini rasanya seruuu bgt krn ketemu temen2 blogger yg 1 kota & pada heboh..

    Blogging is also my hobby, and ill keep blogging forever.. πŸ™‚

    Wah, berarti Anda beruntung Mas Iqbal, masih bisa ketemu satu komunitas yang masih aktif.

Leave a Reply