Menjadi Mahasiswa (Lagi)

Menuntut ilmu merupakan sebuah proses yang tiada henti dan tidak tergantung dengan usia. Demi meraih masa depan yang lebih baik dan untuk meningkatkan kapasitas diri, maka saya pun menapaki kehidupan baru sebagai seorang mahasiswa lagi.

Setelah hampir 13 tahun lamanya sejak terakhir saya merasakan kehidupan sebagai mahasiswa di Politeknik Negeri Semarang, kini saya harus melanjutkan dan menapaki kembali kehidupan sebagai mahasiswa. Ya, saya melanjutkan studi saya untuk jenjang S1.

Selain untuk memenuhi pesan almarhum ayahanda dan tuntutan kebutuhan di tempat kerja, akhirnya saya membulatkan tekad untuk melanjutkan kembali perjuangan sebagai seorang mahasiswa.

Well, jujur saja umur saya sudah tidak terlalu belia lagi 😆 . Meskipun demikian saya tetap bersemangat, demi menuntut ilmu dan menambah pengetahuan.

Kampus yang saya pilih adalah President University (selanjutnya akan saya tuliskan dengan PU supaya lebih singkat), sebuah kampus bertaraf internasional berlokasi di Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Mengapa plihan saya jatuh ke kampus tersebut? Yang jelas, kampus tersebut lokasinya dekat dengan rumah saya. :mrgreen: Jadi sepulang dari kantor, saya bisa langsung ke kampus dan sampai di rumah kembali tidak terlalu malam, sehingga masih ada waktu tersisa buat berinteraksi dengan anak-anak.

President University
President University

Sedangkan program studi yang saya ambil adalah Sistem Informasi, berbeda dengan jalur yang saya tempuh sebelumnya sewaktu di D3, yaitu Teknik Telekomunikasi. Walhasil, masih banyak mata kuliah yang harus saya ambil lagi, dan hasil konversi nilai dari D3 saya sangat kecil sekali. Saya seperti semacam mengulang kembali perkuliahan saya dari awal.

Sekali lagi, mengapa saya mengambil program studi Sistem Informasi? Karena saya melihat bahwa ke depan akan dibutuhkan banyak tenaga yang menguasai Sistem Informasi terutama di tempat kerja saya. Kebutuhan itu dapat ditengarai dengan semakin bervariasi dan banyaknya sistem yang berbasis aplikasi, baik itu berupa aplikasi web maupun mobile. Jadi, untuk mempersiapkan diri agar tidak digilas oleh perubahan zaman, maka saya putuskan untuk mengambil program studi tersebut. Meskipun resikonya adalah waktu tempuh studi saya menjadi lebih lama dari teman-teman yang melanjutkan pendidikan namun sesuai jalur D3 mereka dulu.

Pendaftaran

Untuk proses pendaftaran, waktu itu saya cukup mendownload formulir dan mengirimkanya ke bagian penerimaan mahasiswa baru. Informasi lebih lengkap dapat dibaca di website kampus http://president.ac.id/.

Setelah seleksi administrasi, kemudian saya diminta datang untuk menjalani tes tertulis. Pada saat proses pendaftaran, posisi saya masih bertugas di KBRI Singapura, jadi akhirnya saya meluangkan waktu sehari khusus hanya untuk tes di kampus tersebut. Selesai menjalani tes, kemudian saya kembali lagi ke tempat tugas saya.

Sekitar sebulan kemudian, saya menerima email dari PU yang menyatakan bahwa saya diterima sebagai calon mahasiswa berikut tagihan untuk pembayaran SPP dan biaya lain-lain. Selain itu, tidak lupa informasi mengenai tanggal untuk daftar ulang dan pengambilan perlengkapan untuk mahasiswa baru.

Setelah melakukan pembayaran, sesuai tanggal yang ditetapkan, saya mengambil perlengkapan untuk mahasiswa baru berupa jas almamater, buku panduan, dan beberapa modul sekaligus menerima informasi mengenai persiapan kegiatan matrikulasi bagi mahasiswa baru.

Matrikulasi

Matrikulasi merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baru di sebuah universitas. Saking pentingnya kegiatan ini, bahkan ada beberapa universitas yang menahan ijazah dari mahasiswanya yang belum pernah mengikuti matrikulasi.

Mengapa matrikulasi menjadi hal yang sangat penting?

Matrikulasi adalah semacam program yang berisi tentang pengenalan dunia perkuliahan, mengenal lebih jauh mengenai kultur dan karakter dari sebuah universitas, serta beberapa hal lainnya yang akan membantu mahasiswa agar lebih siap untuk menyongsong tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Di PU sendiri selain berisi tentang nilai-nilai utama universitas, juga terdapat program untuk pemantapan bagi mahasiswa baru terhadap penguasaan bahasa Inggris mereka. Hal ini cukup wajar mengingat PU merupakan sebuah universitas yang bertaraf internasional, sehingga bahasa Inggris merupakan sesuatu yang wajib, kudu, fardu ain dikuasai oleh anak didiknya.

Di dalam kegiatan matrikulasi, mahasiswa baru akan diacak ke dalam beberapa kelas, di mana masing-masing kelas terdiri dari berbagai jurusan yang berbeda-beda. Dari sini saja, mahasiswa sudah dilatih untuk saling berinteraksi satu sama lain meskipun mereka berasal dari program studi yang berbeda-beda. Komunikasi dan interaksi sosial memegang peranan cukup penting, sehingga diharapkan mahasiswa baru tersebut dapat menerapkan keterbukaan, supel, mudah bergaul, dan mampu menerima perbedaan di antara mereka.

Nilai-nilai atau values yang dimiliki oleh President University terdiri dari 9 hal,  yaitu: Passion, Responsibility, Entrepreneurial Spirit, Sincerity, Inclusiveness, Dedication, Excellence, Nationalism, dan Trendsetter. Bila diperhatikan, maka singkatan dari huruf-huruf awal tersebut akan membentuk sebuah kata yaitu; PRESIDENT!!! (Wow, It’s so awesome, isn’t it? 😎 )

Awal Perkuliahan

Kegiatan di awal perkuliahan berjalan seperti biasa layaknya perkuliahan di kampus mana pun. Berkenalan dengan wajah-wajah baru, teman-teman baru, dosen-dosen baru, dan tidak lupa mata kuliah yang terbilang baru juga buat saya. Yup, beberapa mata kuliah merupakan hal yang baru, mengingat program studi yang saya ambil berbeda cukup jauh dari pendidikan D3 saya.

Di kelas malam yang saya ikuti, ternyata tidak semua merupakan orang-orang yang sudah bekerja. Sebagian dari mereka ada pula yang merupakan fresh graduate, baru lulus dari SMA maupun SMK dan belum pernah bekerja sama sekali. Jadi bisa dibilang, bahwa di kelas saya latar belakang mahasiswanya cukup beraneka ragam. Dan oleh sebab itu, saya juga patut untuk bernafas lega, karena paling tidak saya tidak sendiri di dunia perkuliahan yang baru ini. Masih ada teman-teman yang juga baru mengenal apa yang kami pelajari saat itu.

Nah, itulah sekelumit cerita tentang kehidupan saya yang baru sebagai mahasiswa (lagi) di President University. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan studi ini dapat saya selesaikan tepat waktu. Mohon doanya, ya. Semoga saya bisa menyandang gelar Sarjana dalam waktu yang tidak terlalu lama. Aamiin. 😀

Author: Tatang Tox

Hanya manusia biasa / kawulo alit yang senang menulis dan fotografi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.