Kemeriahan Panggung Gembira KBRI Singapura 2015

KBRI Singapura
KBRI Singapura

Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI yang ke-70, pada tanggal 30 Agustus 2015 kemarin, KBRI Singapura menggelar acara Panggung Gembira dan Bazaar 2015. Acara ini merupakan acara puncak setelah sebelumnya sudah dilaksanakan berbagai macam kegiatan, yaitu: lomba olah raga, Upacara Pengibaran dan Penurunan Bendera, dan Resepsi Diplomatik.

Pada Panggung Gembira tahun 2015 ini, selain mendatangkan artis-artis dari Ibu Kota, KBRI Singapura juga memberikan kesempatan kepada seluruh elemen masyarakat yang ingin unjuk gigi untuk menghibur seluruh WNI yang hadir. Tim-tim yang akan tampil diseleksi dan diaudisi terlebih dahulu, sehingga hanya tim terbaiklah yang tampil di acara Panggung Gembira tersebut.

Artis-artis yang tampil antara lain; Band Kotak, Cita Citata, Indah Sari, Bebizie, Nasar, Cakra Khan, Thomas Arya, Benigno, Sahrul Gunawan, Teuku Zacky, Irfan Hakim, Wika Salim, dan musisi kawakan Om Purwacaraka. Selain itu masih ada pula artis-artis dari Dangdut Academy, yaitu; Danang, Evi Masamba.

Disamping artis-artis yang sudah terkenal, ada pula band-band pendatang baru yang turut menyemarakkan pentas Panggung Gembira ini. Mereka adalah ProjectQiu dari Cirebon, dan Jast5 dari Jakarta.

Pagi itu, tampak kesibukan para peserta bazaar mempersiapkan barang dagangannya. Tidak ketinggalan ibu-ibu DWP KBRI Singapura, yang turut membuka lapak dengan menjual beraneka macam makanan ringan dan jajan pasar khas Indonesia. Di sisi lain, tampak para sponsor sedang mempersiapkan booth mereka supaya dapat menarik konsumen. Sementara itu, di tempat lain tampak Tim Pengamanan yang turut dibantu oleh Bobotoh (Persatuan Pelaut Indonesia di Singapura) dan anggota HPLRTIS (Himpunan Penata Laksana Rumah Tangga Indonesia – Singapura) sedang melakukan birefing demi kelancaran acara Panggung Gembira kali ini serta untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Persiapan Panggung Gembira
Persiapan Panggung Gembira

Booth Sponsor Panggung Gembira
Booth Sponsor Panggung Gembira
Peserta Bazaar sedang bersiap-siap
Peserta Bazaar sedang bersiap-siap

Tepat jam 9.00 pagi, pintu gerbang KBRI Singapura pun mulai dibuka. Dan ratusan orang yang sebelumnya sudah berkerumun di luar pagar, langsung menyerbu masuk ke dalam. Setelah menunjukkan tanda pengenal dan melewati security clearance, sebagian dari mereka langsung menuju booth sedangkan sebagian yang lain langsung menuju ke halaman belakang KBRI Singapura. Di sana sudah menunggu sebuah tenda warna putih dan panggung lengkap dengan sound system siap menghentak serta menyemarakkan Panggung Gembira tahun ini.

Suasana di Halaman Depan KBRI Singapura
Suasana di Halaman Depan KBRI Singapura

Acara dibuka dengan penampilan kelompok Nasyid dan Qasidah dari rekan-rekan HPLRTIS. Kemudian dilanjutkan dengan Tari Janger dan Tari Jaipong. Pengunjung pun mulai berdatangan dan menuju area di sekitar panggung. Band dari rekan-rekan pelaut juga turut meramaikan Panggung Gembira kali ini dengan membawakan 2 lagu yang cukup nge-rock.

Penampilan Dari Masyarakat
Penampilan Dari Masyarakat

Sementara itu, di halaman depan, para artis pendukung acara masih melakukan meet and greet dengan para penggemarnya. Tampak beberapa di antara mereka malah menyempatkan selfie dengan para penggemar yang hampir seluruhnya wanita itu.

Acara Pembukaan
Acara Pembukaan

Selesai acara resmi dibuka oleh Bapak Dubes dan Ibu, tiba giliran Jast5 dan ProjectQiu yang naik ke atas panggung. Meskipun terbilang masih sangat baru di belantika musik Indonesia, namun karena lagu yang mereka bawakan cukup enak di dengar, maka seluruh penonton yang sudah mulai memadati tenda tersebut ikut bergoyang dan bernyanyi bersama.

Jast5, ProjectQiu, Thomas Arya, dan Cakra Khan
Jast5, ProjectQiu, Thomas Arya, dan Cakra Khan

Penonton semakin semangat ketika Thomas Arya melantunkan lagu Bunga dengan suara lengkingannya yang khas. Dilanjutkan dengan penampilan dari Cakra Khan, Bebizie, Benigno, dan Indah Sari. Mereka tampak sangat menikmati, dengan ikut bernyanyi bersama dan bergoyang meskipun sudah berdesak-desakan.

Penampilan dari Bebizie
Penampilan dari Bebizie
Penampilan dari Indah Sari
Penampilan dari Indah Sari

Danang, Evi Masamba, Nasar
Danang, Evi Masamba, Nasar

Pada siang hari, saat yang dinanti tiba jua, yaitu penampilan dari Band Kotak. Suara Tantri yang merdu itu seolah membius seluruh penonton yang sudah memadati area depan dan sisi kiri panggung. Tantri bahkan sempat mengajak salah satu penonton, Uus namanya, yang juga merupakan Sahabat Kotak untuk ikut bernyanyi bersama di atas panggung. Meskipun awalnya terharu dan tidak bisa berkata apa-apa, namun akhrinya Uus pun gembira dan ikut bernyanyi bersama Tantri.

Band Kotak
Band Kotak
Band Kotak
Band Kotak

Ada yang sedikit berbeda pada penampilan Kotak kali ini, yaitu ketidakhadiran Chua, sang basist. Namun posisi Chua digantikan oleh additional player yang juga wanita. Sehingga orang tidak akan terlalu ngeh, bahwa yang bermain bass bukanlah Chua. Karena dari kejauhan sangat mirip dengan Chua. Menurut kabar terakhir Chua masih menjalani cuti, karena habis mengalami keguguran (ya ampyun… gosip banget yah? :mrgreen: ). Maklum saya kan penggemar Kotak… Hehehe.. 😆

Foto bareng artis dulu
Foto bareng artis dulu
Foto Bareng Artis Lagi
Foto Bareng Artis Lagi

Setelah penampilan dari Band Kotak, giliran Cita Citata yang menggoyang seluruh penonton. Dengan lagu andalannya, Sakitnya Tuh Di Sini dan Goyang Dumang, membuat seluruh penonton semakin histeris. Mereka larut dalam kegembiraan. Ya itulah wajah-wajah pahlawan devisa kita ketika mereka sejenak melepaskan kepenatan dan segala beban. Bekerja jauh dari rumah dan keluarga demi mendongkrak tingkat perekonomian mereka supaya yang lebih baik. Di hari ini mereka bersuka cita turut merayakan Kemerdekaan RI yang ke 70.

Cita Citata
Cita Citata
Cita Citata
Cita Citata
Histeria Penonton
Histeria Penonton

Di akhir acara, seluruh artis pendukung beserta Bapak Dubes dan seluruh panitia naik ke panggung untuk bernyanyi bersama. Semuanya gembira, panitia lega karena acara telah berlangsung dengan aman dan lancar. Penonton pun bahagia karena bisa berjumpa dengan artis pujaan mereka. Akhirnya seluruh rangkaian acara HUT Kemerdekaan RI yang ke-70 usai sudah. Yang tersisa adalah sampah berserakan di bawah tenda dan di sekitar halaman KBRI Singapura.

Tim Panitia
Tim Panitia

Pesta telah usai, kini saatnya kita kembali berkarya, demi ibu pertiwi yang kita cintai ini. Mari kita jadikan Indonesia lebih baik dan lebih bermartabat.

Dirgahayu Indonesiaku, MERDEKA!

 

Jika Anda ingin melihat koleksi foto lainnya, silahkan kunjungi saja Photoblog saya di http://cagakurip.blogspot.sg/2015/09/foto-foto-panggung-gembira-kbri.html

Author: Tatang Tox

Hanya manusia biasa / kawulo alit yang senang menulis dan fotografi.

4 thoughts on “Kemeriahan Panggung Gembira KBRI Singapura 2015”

  1. Subhanallah , rame banget! Sampai penuh begitu

    Iya betul, Mas. Di ajang inilah seluruh PMI (Pekerja Migran Indonesia) berkumpul, melepaskan diri sejenak dari rutinitas dan kepenatan kerja. Di sini juga mereka bisa bertatap muka secara langsung dengan artis pujaan mereka. :mrgreen:

  2. Wah … keren2… 🙂 Cita Citata beneran kecil segitu ya om ? 😀

    O’ya, ini aku sudah punya blog yg beneran personal … ditengok ya om …

    Siap, saya sudah ke Te Ka Pe, Mas. 🙂

Leave a Reply