Piknik Murah Meriah Di East Coast, Singapore

Singapura adalah sebuah negara kecil dan sekaligus menjadi salah satu negara tetangga terdekat kita. Meskipun kecil, tapi pergerakan roda perekonomian negara ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Dia menjadi salah satu pusat perputaran uang di dunia. Predikat kota dengan biaya hidup termahal pun disandangnya tahun ini.

Dengan segala pesona yang melekat pada dirinya, Singapura menjadi sebuah obyek yang menarik untuk dikunjungi. Bahkan sebagian besar warga negara Indonesia, khususnya dari kalangan menengah ke atas, hampir dapat dipastikan menjadikan Singapura sebagai salah satu kota tujuan wisata mereka. Padahal dengan segala kemewahan dan kenyamanan yang ditawarkan, untuk berwisata di Singapura umumnya harus merogoh kocek lebih dalam. 😥

Meskipun luasnya tidak lebih besar dari Jabodetabek, namun Singapura menawarkan banyak sekali obyek wisata. Yang jelas, satu atau dua hari tidak akan cukup untuk mengunjungi semua. :mrgreen: Sebagian besar dari obyek wisata tersebut harus membayar. Walaupun ada juga obyek-obyek wisata yang dapat kita kunjungi secara gratis, atau paling tidak dengan biaya minimum. Beberapa obyek yang dapat kita kunjungi secara gratis antara lain, Singapore Botanical Garden, China Town, Patung Singa Merlion, Children By The Bay (berlokasi di dekat Garden by the Bay), East Coast Park, West Coast Park, dan beberapa tempat lainnya.

Nah, kali ini saya akan mencoba berbagi mengenai piknik murah meriah di East Coast Park. :mrgreen:

Piknik di East Coast
Piknik di East Coast

East Coast Park ini terletak di bagian tenggara dari pulau Singapura, membentang sejajar dengan jalan raya ECP (East Coast Parkway) yang menghubungkan antara Changi Airport dan kota. Area East Coast Park ini cukup luas dan panjang, sehingga memberikan keleluasaan bagi kita untuk memilih spot yang bagus.

East Coast Park sangat cocok bagi Anda yang ingin berhenti sejenak dari rutinitas dan kepenatan setelah bekerja secara terus menerus. Banyak hal yang dapat dilakukan di East Coast Park, dari sekedar jogging, bersepeda, roller skating, skate boarding, barbeque, bermain pasir untuk anak-anak, bermain banana boat, atau bahkan sekedar duduk atau berbaring di tepi pantai.

Untuk lebih mudahnya, saya akan bagi menjadi beberapa kategori vacation.

Sport Vacation

Bagi yang menyukai kegiatan olah raga sebagai rekreasi, maka East Coast Park sangat cocok bagi Anda. East Coast Park menyediakan jalur yang cukup panjang untuk pengguna sepeda, roller blade, skate board, maupun untuk sekedar jogging. Jika senang bersepeda atau ingin bermain roller blade tapi belum punya barangnya, jangan khawatir karena Anda bisa menyewanya di tempat. Dari model anak-anak sampai dewasa mereka punya semua, tinggal pilih yang Anda suka.

Roller Blade at East Coast
Roller Blade at East Coast
Roller Blade at East Coast
Roller Blade at East Coast

Untuk jalurnya sendiri relatif aman, karena steril dari lalu lalang kendaraan bermotor. Kemudian juga dibedakan antara jalur sepeda, roller blade, dan pejalan kaki. Selain itu, di beberapa spot ada juga ruang untuk public gym, yang dapat dipakai oleh umum. Jadi, setelah melakukan jogging atau bersepeda, maka dapat dilanjutkan dengan sit up, pull up, atau pun aktivitas gym lainnya. Jika pergi beramai-ramai, kita dapat juga melakukan senam aerobic, atau pun olah tai chi sebagaimana yang dilakukan oleh senior citizen di sini.

public gym
public gym

Yang jelas, apapun kegiatan olah raga yang Anda suka, East Coast merupakan tempat yang tepat dan nyaman. Di East Coast ini juga rimbun oleh pepohonan, sehingga meskipun di tepi pantai, suasana relatif lebih sejuk.

Tepi Pantai East Coast
Tepi Pantai East Coast

Family Vacation

Selain berolah raga, di East Coast Park juga cocok untuk piknik keluarga, seperti yang biasa kami lakukan. Bersama keluarga, kita dapat melakukan apa saja di sana. Seperti misalnya melakukan barbeque. Di beberapa area di East Coast disediakan tempat untuk melakukan barbeque. Jadi Anda cukup membawa arang dan bahan makanan yang akan kita masak. Jangan lupa juga membawa perlengkapan makannya, seperti piring plastik, gelas, sendok, garpu, dsb. 😉

Piknik di East Coast
Piknik di East Coast

Opsi lain adalah, kita cukup membawa makanan yang sudah siap santap. Kita tinggal menggelar tikar atau terpal, dan menyusun makanan di atasnya. Sementara iu, anak-anak dapat bermain pasir di tepi pantai. Jika pergi beramai-ramai, kita dapat pula menyusun sebuah rangkaian acara yang penuh dengan permainan di sana.

Bermain Pasir di Pantai
Bermain Pasir di Pantai
Nasywa Bermain Pasir
Nasywa Bermain Pasir

Culinary Vacation

Jika Anda termasuk orang yang doyan makan alias wisata kuliner, maka East Coast juga patut menjadi tujuan Anda. Ada salah satu restoran yang terkenal di area East Coast, yang menghidangkan menu sea food. Namanya adalah Jumbo Restaurant. Berdasarkan pengalaman (waktu itu ditraktir oleh seorang teman :mrgreen: ), menu andalannya yaitu Chili Crab lumayan lezat. Apalagi waktu itu saya makannya gratis 😆

Selain Chili Crab masih banyak lagi pilihan menu yang lain. Seperti apa lebih tepatnya? Silahkan datang dan coba sendiri. Lalu tuliskan testimoninya di sini… Hehehe… :mrgreen:

Fishing and Camping

Jika Anda gemar memancing, di East Coast juga terdapat sebuah anjungan yang biasa digunakan untuk memancing. Beberapa bahkan sampai mendirikan tenda. Saya sendiri belum pernah mencoba, karena tidak terlalu suka memancing (apalagi memancing keributan :mrgreen: ). Jika Anda tidak sempat membawa umpan, jangan khawatir, karena di sepanjang anjungan tersebut banyak juga orang-orang yang berjualan perlengkapan memancing, seperti umpan, senar dsb. Kalau tidak salah, beberapa bahkan ada yang menyewakan kailnya juga.

Anjungan di East Coast
Anjungan di East Coast
Orang Memancing di East Coast
Orang Memancing di East Coast
Merenung
Merenung karena gak punya Kail

Nah, itulah tadi sekelumit cerita tentang piknik murmer di East Coast. Tidak semua obyek wisata di Singapura harus mahal, jika kita jeli maka kita juga bisa berwisata ataupun rekreasi secara murah meriah. Yang penting kita bisa melepaskan stress dan kepenatan akibat bekerja.

Mejeng di East Coast
Mejeng di East Coast

Mudah-mudahan bermanfaat, selamat mencoba… :mrgreen:

Salam.

 

Author: Tatang Tox

Hanya manusia biasa / kawulo alit yang senang menulis dan fotografi.

7 thoughts on “Piknik Murah Meriah Di East Coast, Singapore”

  1. Dear Mas.. saya kebetulan minggu depan akan kesana bareng anak saya yang masih 5 tahun dan rencana stay di Grand Santa Hotel East Coast. Dari Hotel jauh nggak menuju pantai ini. Dan dimana kami bisa sewa sepeda tandem..? Saya lihat ada refrensi di Our Family untuk sewa. Itu didekat mananya ya..?

    1. Mas Hadi Sucipto : Dari hotel tempat Mas menginap sebetulnya tidak terlalu jauh. Untuk ke pantai ini bisa ditempuh dengan menggunakan Taxi, dengan perkiraan biaya 10 – 15 SGD. Atau bisa juga menggunakan bus umum. Hanya saja kalau menggunakan bus, agak sedikit memutar. Nanti turunnya di East Coast Park. Kalau memang ingin menyewa Sepeda, biasanya tersedia di parkiran zona C atau G. Melihat lokasi tempat Mas menginap, lebih baik mencari di zona C saja, karena lebih dekat. Untuk nama kiosnya saya kurang ingat persisnya apa. Karena biasanya kami membawa peralatan sendiri. :mrgreen:

      Mudah-mudahan dapat membantu, dan saya ucapkan selamat berlibur di Singapura, Mas. 🙂

    1. Alhamdulillah… Yah, harus betah… Namanya juga sedang mengemban tugas. Nanti akan di-share mengenai destinasi-destinasi yang lain, deh… :mrgreen: Tunggu saja tanggal mainnya… 😆

      Wah, sekarang sudah punya ‘rumah baru’ nih… Siap deh, nanti mampir ke tekape ya… O ya, sekalian sudah ditempel tuh link-nya di halaman My Friends. 😉

  2. maaf baru berkunjung sekarang, pasir putihnya bikin mupeng mas, kalo arena public gym yg kyk gitu ada banyak di pyongyang…kapan2 saya mampir singapur ya 😀

Leave a Reply