Update ke WordPress Versi 4.4.2

Setelah sekian lama, akhirnya saya memutuskan untuk melakukan update platform blog saya ke versi terbaru yakni WordPress 4.4.2. Mengapa demikian? Karena berdasarkan info yang saya peroleh dari berbagai website dan blog, termasuk dari halaman resmi wordpress.org menyatakan bahwa dengan melakukan update ke versi terbaru berarti juga membantu menutup celah-celah keamanan yang ada pada versi sebelumnya. Hal ini sangat penting bagi saya, karena aspek keamanan blog self hosted tidak ada yang memikirkan kecuali si web-admin itu sendiri.

Kalau memakai wordpress.com, mungkin kita akan dimanjakan dengan berbagai fitur yang sudah disediakan, terutama aspek keamanannya. Tapi untuk wordpress.org, kita sendiri-lah yang harus memikirkan aspek keamanannya.

wordpress

Pada wordpress versi 4.4.2 ini paling tidak ada 17 bug yang sudah diperbaiki dari versi sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat langsung mengunjungi halaman berikut http://codex.wordpress.org/Version_4.4.2

Awalnya saya sempat ogah-ogahan untuk melakukan update, karena yang terbayang adalah keribetan dan kekhawatiran bahwa update tersebut justru akan merusak blog saya. Namun ternyata apa yang saya takutkan tersebut sama sekali tidak terjadi. Caranya sangat mudah sekali untuk melakukan update wordpres 4.4.2 ini.

Ada 2 cara yang dapat ditempuh untuk melakukan update yaitu melalui cPanel dan melalui Dashboard. Saya akan mencoba menjelaskan secara singkat masing-masing cara tersebut.

Update melalui cPanel

  1. Login ke dalam cPanel
  2. Jika memang ada update terbaru dari wordpress.org, maka biasanya akan muncul notifikasi pada tab Softaculous Apps Installer
  3. Klik pada notifikasi tersebut
  4. Setelah muncul daftar alamat website atau blog yang kita miliki, klik update
  5. dan Voila!!! Proses update pun tidak memakan waktu yang cukup lama

Update melalui Dashboard

  1. Login ke dalam Site Admin blog
  2. Jika memang ada update terbaru dari wordpress.org, maka akan muncul notifikasi pada submenu Updates pada Dashboard
  3. Klik pada notifikasi tersebut
  4. Klik update
  5. Tunggu sejenak, dan Voila!!! WordPress kita sudah terupdate ke versi terkini yaitu wordpress 4.4.2

Bagaimana, mudah bukan? Ternyata untuk melakukan update ke wordpress 4.4.2 tidak sesulit yang dibayangkan. Namun demikian, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, lakukan backup terlebih dahulu. Backup yang dimaksud di sini adalah full backup yang meliputi file wordpress, database, dan seluruh konten yang ada.

Dulu saya sudah pernah menjelaskan mengenai bagaimana cara melakukan backup wordpress, namun itu hanya untuk konten saja dan belum mencakup database serta file wordpress itu sendiri. Tentang cara melakukan full backup Insya Allah akan saya sharing pada postingan yang berikutnya.

Biasanya selesai proses update, ada beberapa plugin maupun themes yang juga meminta di-update agar tetap kompatibel dengan wordpress 4.4.2.

Pada versi terbaru ini, tampilan menu dan icon pada site admin agak sedikit berbeda. Namun secara operasional tetap sama. Pada menu Dashboard – Home tampak lebih atraktif dan lebih banyak informasi yang ditampilkan.

Demikian sekilas pengalaman ketika melakukan update wordpress ke versi 4.4.2. Mudah-mudahan dapat membantu. Selamat mencoba! Update, siapa takut? :mrgreen:

Salam hangat selalu.

Author: Tatang Tox

Hanya manusia biasa / kawulo alit yang senang menulis dan fotografi.

3 thoughts on “Update ke WordPress Versi 4.4.2”

  1. Kalau saya selalu update pak Tatang. Hanya saja bukan blog saya, tapi di blog lain yang kebetulan saya yang dipercaya mengelola 😀

    Saya sudah ke beberapa TKP, emang mantab, Pak.

  2. Kalau saya pas lagi online selalu update terus pak Tatang. Hanya saja bukan di blog saya, tapi di blog orang lain yang saya mengelolanya.. Hehehe..

    Sekarang saya sudah tahu maksudnya Pak Ari, hehehe… :mrgreen: Lanjutkan, Pak!!!

Leave a Reply