Welcome World!

Hello world, biasanya kata-kata itu yang pertama kali muncul ketika kita baru saja membuat atau mendaftarkan sebuah blog. Kali ini saya membuat yang sedikit berbeda, yaitu Welcome World!

Mengapa Welcome World? Karena saya ingin menyapa siapapun Anda, dari belahan dunia manapun, Welcome alias Selamat Datang di rumah saya ini. Semoga kehadiran cagakurip.com dapat memberikan nuansa tersendiri, dapat berbagi informasi, dan yang terpenting adalah merupakan tempat saya berekspresi. :mrgreen:

Cagakurip.com adalah alamat rumah saya yang baru, setelah semenjak Juni 2009 saya berekspresi di kawuloalitox.wordpress.com. Tidak terasa 4,5 tahun sudah saya mencurahkan segala cerita, pengalaman, unek-unek, dan sedikit pengetahuan di sana. Sayang memang, tapi di sisi lain saya ingin mencoba pengalaman baru, yaitu me-manage sebuah blog dengan domain sendiri. (sudah ketinggalan jaman banget yak :mrgreen: )

Tapi bagi saya, kawuloalitox itu sesuatu banget… 😳 Karena dari sanalah saya mulai belajar untuk menulis blog secara (sedikit) lebih serius meskipun masih kurang konsisten. Dulu pernah juga punya blog di frenster, dan blogspot, namun isinya masih acak adut. Di kawuloalitox juga yang menumbuhkan rasa percaya diri untuk rajin menulis, karena ternyata ada beberapa tulisan saya yang muncul di halaman pertama hasil Google Search, sebuah mesin pencari paling spektakuler abad ini. (lebay… 😆 ). Misalnya, coba Anda search ‘pendidik dan pengajar‘, maka kawuloalitox akan muncul di halaman depan Google search. 😎 Ketika pertama kali mengetahui hal itu, rasanya hati saya berbunga-bunga seperti habis nembak cewek trus diterima, #eh (lebay lagi deh. :oops:)

Lalu mengapa harus pindah dan membuat blog baru lagi? Bukankah itu berarti memulai dari awal lagi? Yup, memang benar adanya jika dikatakan saya harus mulai dari awal / 0 lagi. Dari minus bahkan jika dibandingkan dengan saat saya membuat blog di WordPress.com. Karena dengan mengelola domain sendiri serta hosting ke pihak ketiga berarti kita mulai segalanya dari basic.

Apabila di wordpress.com, setelah kita selesai membuat akun, kita dapat langsung memilih themes atau template serta menghiasi blog kita dengan widget-widget yang menarik, atau bahkan membuat posting pertama kita. Akan tetapi lain halnya jika kita melakukan hosting sendiri, boro-boro bisa langsung posting, kita pasti akan sibuk melakukan setting di dalam cpanel kita terlebih dahulu. Detil mengenai ini akan coba saya tuangkan di artikel yang lain.

Tapi di situlah seninya, saya menjadi belajar hal-hal yang baru. Ternyata hanya untuk menampilan favicon di sudut kiri address bar saja setengah mati (bagi saya yang tidak terlalu mendalami bahasa pemrograman :mrgreen:).  Kemudian untuk menampilkan smileys wordpress seperti 🙂 😉 😳 :mrgreen: dkk, saya harus menelusuri baris per baris di dalam css stylesheet-nya.

Setelah 4,5 tahun bersama kawuloalitox.wordpress.com, ternyata telah membuat saya jatuh hati kepada platform WordPress. Karenanya, saya menjatuhkan pilihan untuk menggunakan wordpress sebagai platform di blog ini. Menurut saya, menggunakan WordPress sangat mudah dan enak dalam hal me-manage blog kita. Informasi yang disediakan di dashboard sangat komprehensif dan user friendly. Walaupun ternyata ketika saya menggunakannya di blog ini sedikit berbeda, namun dapat diatasi setelah kita menginstal plug in. Dan yang paling menyenangkan adalah, karena wordpress ini pada dasarnya adalah open source, maka kita dapat mencari plug in yang kita kehendaki secara free.

Kini, menjelang tahun yang baru ini, izinkan saya untuk mencoba membuka lembaran baru di rumah yang baru, semoga apa-apa yang nanti saya ekspresikan di sini dapat berkenan. Sekali lagi, Welcome world! Welcome to My new home, My world, My word, My web. 😎

Salam,

 

Author: Tatang Tox

Hanya manusia biasa / kawulo alit yang senang menulis dan fotografi.

2 thoughts on “Welcome World!”

Leave a Reply