Fitur Terbaru WhatsApp, Mampu Hapus Pesan “Salah Kamar”

Pada update terbarunya, WhatsApp menambahkan fitur menghapus pesan yang baru saja kita kirimkan. Fitur ini sangat berguna bagi kita yang tergabung dalam begitu banyak grup, dan rawan terhadap terjadinya “salah kamar” atau salah kirim pesan. 

Pernahkah Anda alami ketika hendak mengirim pesan ke seseorang atau sebuah grup namun ternyata salah kirim? Yang lebih fatal lagi jika isi pesan tersebut sedang membicarakan seseorang atau gosip yang sedang hangat namun terkirim kepada si fulan yang sedang menjadi pembicaraan. Please, jangan katakan kalau Anda pernah melakukan ini. 😆

Fitur hapus pesan ini sebenarnya sudah terdapat pada aplikasi messenger yang lain seperti BBM dan Telegram. Pada BBM, istilah yang digunakan adalah kita dapat menarik kembali (retracted) pesan yang sudah kita kirimkan. Sedangkan pada Telegram terdapat fitur Auto Destruct, di mana pesan akan secara otomatis terhapus setelah sekian detik.

Fitur hapus pesan “salah kamar” ini terdapat pada WhatsApp versi terbaru, atau lebih tepatnya WhatsApp versi 2.17.71 di Apple iOS dan versi 2.17.400 di Android. Jika Anda belum melihat adanya opsi “delete for everyone” saat menghapus sebuah pesan, maka perbaharui dahulu aplikasi WhatsApp Anda ke versi tersebut.

Delete Feature inWhatsApp
Delete Feature in WhatsApp

Cara menggunakan fitur ini sangatlah mudah. Pengguna cukup menyentuh dan tahan pesan yang ingin dihapus, menunggu hingga muncul menu, kemudian pilihlah opsi delete dengan lambang tong sampah. Berikutnya, akan keluar pilihan “delete for me” atau “delete for everyone”. Jika ingin menghapus pesan itu dari kolom percakapan lawan bicara, pilihlah “delete for everyone” kemudian pesan yang terkirim itu pun dihapus.

Setelah itu muncul keterangan bertuliskan “this message was deleted” sehingga tidak lagi bisa dilihat isinya. Keterangan ini muncul baik di sisi pengirim maupun penerima.

Namun, satu hal yang perlu dicatat, pesan hanya bisa dihapus dalam kurun waktu  maksimal 7 menit setelah dikirimkan ke lawan bicara atau ke dalam grup percakapan.

Nah, jadi bagaimana menurut Anda? Apakah dengan adanya penambahan fitur baru ini terasa bermanfaat bagi Anda sebagai pengguna WhatsApp? 😉

 

Author: Tatang Tox

Hanya manusia biasa / kawulo alit yang senang menulis dan fotografi.

Leave a Reply